Tulisan
ke Delapan
Struktur
Pasar
Struktur pasar ialah
karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di
dalam pasar ( Bain, 1952 ). Unsur-unsur struktur pasar meliputi: konsentrasi,
differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan masuk, dan integrasi vertikal
serta diversifikasi.
Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan sempurna, adalah struktur pasar yang ditandai
oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak.
Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan penjual) sangat kecil
dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi
harga produk tersebut. Perusahaan-perusahaan tidak mampu untuk melakukan
diffrensiasi produk atau produk homogen. Para pembeli dan penjual secara
individual hanya bertindak sebagai penerima harga ( Price taker ). Informasi
tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa
dengan mudah mendapatkannya. Pada pasar ini tidak adanya hambatan untuk masuk
atau keluar. Dalam jangka panjang tidak ada perusahaan atau industri yang
menerima laba di atas normal.
Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh
adanya seorang produsen tunggal. Produk yang dihasilkan
oleh perusahaan monopolis tidak ada barang substitusinya. Adanya
ketidaksempurnaan atau tingginya hambatan di dalam memperoleh informasi tentang
produk seperti harga dan kualitas. Perusahaan monopolis bebas untuk menentukan
jumpah output dan harga produk kapan saja. Perusahaan monopolis bisa
mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal dalam jangka panjang.
Pasar Monopolistik
Persaingan
monopolistik,
adalah struktur
pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan
dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu
membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya ( differensiasi produk )
dibandingkan produsen lain. Kemampuan untuk mendapatkan
informasi mengenai produk tidak sulit. Perusahaan-perusahaan dalam pasar
monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar dari industri. Pada pasar ini
juga, perusahaan-perusahaan hanya mampu menerima profit normal dalam
jangka panjang.
Pasar Oligopoli
Oligopoli, adalah struktur pasar di mana hanya ada
sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan
mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi. Adanya
ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk,
Adanya kemampuan pengendalian harga tetapi sedikit. Sebagian produk
didiferensiasikan tetapi sedikit sehingga adanya sedikit perbedaan produk
antara produsen. Dalam
teori ekonomi mikro, model Oligopoli dibagi dalam dua jenis, yaitu
: pertama, oligopoli
Non-kolusif terdiri dari model Cournot, model Bertrand, model
Chamberlain, Model Sweezy dan model Stackelberg. Kedua, oligopoli kolusif
yang terdiri dari kartel dan kepemimpinan harga. ( A. Koutsoyyianis,
1975:216-253).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar