Tulisan
ke Sembilan
Konsep
Pasar dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk
Menentukan segmentasi pasar adalah langkah yang harus dilakukan
sebelum Anda menjual suatu produk dijual ke pasar. Hal tersebut terkait dengan
penentuan sasaran yang dinilai prospektif dalam strategi pemasaran. Penentuan
segmentasi pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa konsumen yang prospek
menjadi bagian kecil. Secara umum, ada beberapa panduan yang digunakan dalam
menentukan segmentasi pasar yaitu terdiri atas :
·
Berdasarkan
Karakter Psikografi
Antara masyarakat perkotaan dan
masyarakat pedesaan memiliki gaya hidup yang berbeda. Masalah gaya hidup
masyarakat di suatu daerah juga merupakan salah satu faktor penentuan
segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup. Pada dasarnya suatu komunitas
masyarakat memiliki suatu karakter khusus yang tidak dimiliki oleh komunitas
lain. Keberadaan karakter tersebut akan dipelihara terus oleh masyarakat.
Realitas seperti itu dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena segala
penampilan dan gaya hidup merupakan suatu hal yang terkait dengan komoditas.
Misalnya, kita berada pada komunitas bikers yagn sedang booming akhir-akhir
ini. Komoditas yang terkait dengan kegiatan tersebut merupakan peluang.
Komoditas tersebut dapat berupa accesoris sepede, komponen dan lain sebagainya.
·
Berdasarkan Karakter Demografi
Salah satu faktor penentuan segmentasi yang memiliki prospek
terbaik adalah segmentasi berdasarkan umur konsumen. Penentuan pasar akan
dipengaruhi kebiasaan pada umur-umur tertentu dalam mengonsumsi suatu produk.
Dengan gambaran tersebut maka konsumen akan terpisah menjadi bagian-bagian yang
kecil. Di mana setiap bagian kecil tersebut memiliki peluang kesuksesan yang
sama. Namun, Anda harus menentukan konsumen dengan kisaran umur yang menjadi
sasaran pemasaran. Dengan begitu karakter demografi menentukan pasar dengan
mengacu produk dan umur.
·
Berdasarkan Karakter Geografi
Penentuan segmentasi pasar berdasarkan kekhasan suatu daerah
yaitu produk yang disukai oleh suatu masyarakat terkait keberadaannya di suatu
daerah merupakan peluang bagus bagi pebisnis. Salah satunya, terkait
perdagangan produk furnitur. Jika Anda mendapatkan pesanan dari suatu daerah
maka Anda harus menyesuaikan konsep pesanan tersebut dengan kekhasan daerah
tersebut.
·
Berdasarkan Karakter Variabel Penggunaan Produk
Penentuan berdasarkan karakter variabel penggunaan produk,
pada prinsipnya penentuan segmentasi pasar kali ini dikaitkan dengan gejala
yang ada di masyarakat. Saat ini kebutuhan akan produk Teknologi dan komunikasi
merupakan kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat, terutama
dikota-kota besar. Selain itu, alat komunikasi tersebut dinilai memiliki arti
penting. Namun, dibalik realitas seperti itu terdapat suatu tren. Tren tersebut
terkait dengan penggunaan salah satu merek/produk tertentu.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar