Tulisan
ke Lima
1. Perilaku konsumen dalam memilih produk
Perilaku
konsumen dalam menentukan keputusan memilih produk sebelumnya konsumen harus
mengetahui apa dan bagaimana produk yg akan di beli. Contohnya konsumen harus
mengenal dan memahami barang atau produk apa yang akan di beli., Melalui
informasi sebagai strategi dalam menentukan pembelian produk sesuai dengan apa
yg konsumen inginkan.
2. Konsep perilaku konsumen dalam menentukan pasar
Segmentasi Pasar
Perilaku konsumen dalam menentukan pasar sangat lah penting,itulah
yang menyebabkan terjadinya segmentasi pasar dimana pemasar mengidentifikasi
dan membedakan kelompok – kelompok pembeli yang mungkin Iebih menyukai atau
memerlukan berbagai produk dan bauran sasaran.
Segmentasi pasar dapat juga didefinisikan sebagai kegiatan
membagi-bagi pasar atau market yang bersifat heterogen kedalam satuan-satuan
pasar yang bersifat homogen. Dan segmentasi pasar sebagai suatu proses
pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri dan
orang-orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
Segmentasi yang Iengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan
konsumen tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan
kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang Iebih besar
dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmentasi
pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang
sama.
Perilaku Konsumen dan Segmentasi Pasar
Dalam proses pemasaran, segmentasi tidak berdiri sendiri. Kotler
menandaskan bahwa segmentasi merupakan kesatuan dengan targeting dan
positioning. Kotler menyingkat hubungan ini sebagai STP (Segmenting, Targeting,
Positioning). Proses ini rupakan bagian dan penciptaan dan penyampaian nilai
kepada konsumen
Kata “ nilai “ memberi arti tersendiri yaitu memberi kenikmatan bagi
konsumen era menerima pelayanan yang baik, harga yang memuaskan, citra yang
kuat, penyampaian tepat waktu, maka tindakan produsen memilih nilai melalui
pemilihan segmentasi, targeting, positoning (STP) yang baik.
Konsumen memiliki karakter dan perilaku yang berbeda tergantung dan
beragam aspek namun masih tetap bisa dikenali dengan pengelompokan pasar
berdasar ciri-ciri tertentu dan hubungan antara perilaku konsumen dengan
segmentasi pasar.
Ada keterkaitan yang sangat erat antara perilaku konsumen dengan
segmentasi pasar. Dengan adanya analisa yang tepat mengenal perilaku konsumen
terhadap suatu produk atau jasa maka bisa dipetakan dengan teliti segmen pasar
yang akan dijadikan sasaran nantinya.
Dengan memahami perilaku konsumen maka segmentasi pasar dapat
terpetakan dengan baik yang akan memungkinkan untuk bisa menjual produk atau
jasa dengan tepat sasaran.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar