Kuis Teori Organisasi Umum 2
Materi Perilaku konsumen
Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam
oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam
analisa perilaku konsumen ?
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Jawaban:
1. Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian. Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa.
Konsumen diasumsikan memiliki informasi atau pengetahuan yang sempurna
berkaitan dengan keputusan konsumsinya. Mereka tahu persis kualitas barang,
kapasitas produksi, teknologi yang digunakan dan harga barang di pasar.
2. Untuk Mendesain bauran pemasaran,Mensegmen
pasar bisnis,Memposisikan dan mendeferensiasikan produk,Melaksanakan analisis
lingkungan,Mengembangkan studi riset pasar
3. Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti
perilaku konsumen.
Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif.Pendekatan ini menggali secara
mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan
melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa
makna sebuah produk dan jasa bagi
konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan
menggunakannya.
Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode
dari ilmu psikologi kognitif,
sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.Pendekatan
ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan
pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey
untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang
konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial
terhadap perilaku konsumen.
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan
metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan
ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk
memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi,
yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan
memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut
pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja
menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang
dihadapi perusahaan tersebut.
4. Faktor Sosial
: Grup,Pengaruh
Keluarga,Peran dan Status.
Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan
Siklus Hidup,Pekerjaan.
Faktor Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs
and Attitude.
Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5. Sebaiknya
konsumen tidak mudah terpengaruh keinginan sesaat, telitilah sebeum membeli,
apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau keinginan dan
apakah bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang
perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang
konsumtif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar